Java Zone

Pemrograman java, Perulangan Java, Operator java, Thread Java, Makalah Filsafat Ilmu, Makalah Teologi dan lain lain

Powered by Blogger.

Desain Database Sistem Informasi Pegawai

TUGAS DESAIN BASIS DATA

Database Sistem Informasi Pegawai


 

Dosen Pembimbing : Shoffin Nahwa Utama, S.Kom


 


 


 


 



 


 


 


 

Oleh :

Syafrudin (12650039)


 


 


 


 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

2013

DATABASE SISTEM INFORMASI PEGAWAI


 


 

  1. LATAR BELAKANG

Dewasa ini penerapan sistem informasi pada suatu instansi pemerintah maupun swasta sangat dibutuhkan karena perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut suatu instansi untuk memperoleh informasi yang lebih cepat dan akurat. Sistem informasi yang mendukung membuat kinerja suatu instansi akan terlaksana dengan baik dan dapat menangani berbagai pengolahan data dengan menggunakan teknologi informasi.

Sistem Informasi dibuat untuk mempermudah dalam pengelolaan dan penyimpanan data maka dapat menghasilkan suatu informasi yang tepat dan akurat. Adanya sistem informasi yang tepat dan akurat dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih efisien dan kecepatan operasional instansi.

Dengan penggunaan sistem informasi, dimungkinkan adanya otomatisasi pekerjaan dan fungsi pelayanan untuk mewujudkan pelayanan yang baik seperti yang dibutuhkan, termasuk otomatisasi dalam penanganan sistem kepegawaian Untuk itulah dibuat system informasi kepegawaian ini sehingga menghasilkan informasi yang berguna bagi masyarakat.

  1. Penyusunan Database

Basis Data merupakan suatu media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data-data penunjang sebagai inputan sistem dan kemudian diolah menjadi data output sistem. Basis Data yang dibuat pada proyek akhir ini menggunakan MySQL. Di bawah ini adalah tahap-tahap penyusunan basis data yang digunakan:

  1. Pembuatan Tabel.

8. Tabel Riwayat Pelatihan

9. Tabel Riwayat Seminar

10. Tabel Riwayat Pangkat

11. Tabel Riwayat Jabatan

12. Tabel Cuti

13. Tabel Mutasi

14. Tabel Pensiun

15. Tabel Gaji

Tabel – table nya adalah sebagaii berikut:

1. Tabel Pegawai

2. Tabel Jabatan

3. Tabel Pangkat

4. Tabel Anak

5. Tabel Keluarga

6. Tabel Riwayat Pendidikan

7. Tabel Riwayat Pekerjaan


 


 

  1. Membuat database dapat di lakukan dengan dua cara:
  2. Secara manual




     

  3. Dengan menggunakan query

    

Kemudian klik      di kanan bawah


 

  1. Mengisi kolom


     




 

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini;



 


 

Mangisi kolom tampa query atau langsung mengisi pada menu insert di phpmyadmin


 



 

Querynya;

INSERT INTO `pegawai`.`data_keluarga` (`Nip`, `nama_ayah`, `nama_ibu`, `nama_suamiistri`, `pekerjaan_suatri`, `kd_keluarga`)

VALUES (12650044, 'Lionel Messi', 'Fatimah', 'Lionel Fatimah', 'tukanng bakso', 1946);


 

Tampilan tabel pegawai sebelum di insert



 

Insert tabel seminar



 


Untuk diperhatikan yaitu tanda (' ') itu menandakan bahwa tipe data pada kolom itu adalah varchar dan untuk perintah yang tampa tanda ' ' itu menandakan bahwa tipe datanya adalah integer atau date. Penulisan tanggal ,2013-09-20,


 


 


 


 


 

Perintah menghapus table dan kolom


Sukses



 

Artinya perintah delete pada tabel mutasi dimana pada kolom unker_lama.


 

  1. Entity Relational Diagram

ERD adalah pemodelan data utama yang membantu mengorganisasikan data dalam suatu proyek ke dalam entitas-entitas dan menentukan hubungan antar entitas.

Metode pembuatan ERD

Dalam membuat ERD, ada beberapa hal yang perlu kita waspadai, selain itu kita juga dituntut untuk lebih teliti dalam menentuka entity, relasi, atribut, menghindarkan terjadinya relasi "many to many" dan lain sebagainya. Untuk itu lihat beberapa langkah berikut agar kita bisa membuat ERD dengan baik:

  • Menentukan Entity

    Disini kita dituntut untuk menentukan dengan cermat sebuah entity yang ada dalam suatu proyek atau masalah. Entity berguna untuk menentukan peran, kejadian, lokasi, hal nyata dan konsep penggunaan untuk database.

  • Menentukan Relasi

    Setelah kita berhasil membuat Entity, langkah selanjutnya adalah menentukan relasi antar entity. Relasi apa yang terdapat antara Entity A dan B, apakah entity A dan B memiliki relasi "one to one", "one to many", atau "many to many".

  • Gambar ERD sementara

    Jika sudah mengetahui Entity beserta Relasinya, sekarang kita buat dulu gambar ERD sementara. Entity digambarkan dengan persegi, relasi digambarkan dengan garis.

  • Isi kardinalitas

    Kardinalitas menentukan jumlah kejadian satu entitas untuk sebuah kejadian pada entitas yang berhubungan. Contohnya antara Entitas Buku, Distributor dan Pengarang, kardinalitas yang ada berupa: Satu pengarang dapat menulis banyak buku Satu buku ditulis satu pengarang Banyak buku di distribusikan oleh satu distributor. Dari sini kita bisa mengetahui harus memberi relasi apa. One to one kah?, dsb.


 


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Desain Database Sistem Informasi Pegawai"

 
Copyright © 2015 Java Zone - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top