INPUT DARI KEYBOARD DAN STRUKTUR KONTROL
Tujuan
Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard
Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard melalui layar console
Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard menggunakan GUI
Menggunakan struktur kontrol pemilihan (if, else, switch) yang digunakan untuk memilih blok kode yang akan dieksekusi.
Kita telah mempelajari konsep dasar pada Java dan menulis beberapa program sederhana. Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih interaktif dengan menggunakan input dari keyboard. Pada bab ini, kita akan mempelajari dua cara memberikan input, yang pertama adalah menggunakan class BufferedReader dan melalui GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan class JOptionPane.
Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
- Membuat program Java yang interaktif yang bisa mendapatkan input dari keyboard
- Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard melalui layar console
- Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard menggunakan GUI
Menggunakan BufferedReader untuk mendapatkan input
java.io untuk mendapatkan input dari keyboard.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard:
- Tambahkan library tambahan di bagian paling atas code Anda:
import java.io.*;
- Tambahkan statement berikut:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
- Deklarasikan variabel String temporary untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try {
|
String temp = dataIn.readLine(); }
|
catch( IOException e ){
|
System.out.println("Error in getting input"); }
|
Contoh source code Program java Penggunaan BufferedReader
import java.io.BufferedReader; |
import java.io.InputStreamReader; |
import java.io.IOException; |
public class GetInputFromKeyboard |
{ |
public static void main( String[] args ){ |
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); |
String name = ""; |
System.out.print("Silahkan Masukkan Nama Anda:"); |
try{ |
name = dataIn.readLine(); |
}catch( IOException e ){ |
System.out.println("Error!"); |
} |
System.out.println("Hallo " + name +"Anda Berhasil Membuatnya!!"); |
} |
} |
Penjelasan setiap baris dari code tersebut:
- Statement,import java.io.BufferedReader;import java.io.InputStreamReader;import java.io.IOException;
menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages.
- Blok di bawah ini merupakan try-catch block,try{name = dataIn.readLine();}catch( IOException e ){System.out.println("Error!");
}
Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,
name = dataIn.readLine();
akan ditangkap. Kita akan membahas tentang penanganan exception pada bab selanjutnya dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, Anda cukup mencatat bahwa Anda perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan method readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.
- Pernyataan,name = dataIn.readLine();
Method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,
System.out.println("Hello " + name + "!");
Menggunakan JoptionPane untuk mendapatkan input
Cara selanjutnya untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan class JoptionPane yang didapatkan dari javax.swing package. JoptionPane memudahkan memunculkan dialog box standard yang memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.
Contoh Source Kode Program Inputan dengan JoptionPane yang digunakan :
import javax.swing.JOptionPane; |
public class GetInputFromKeyboard2 { |
public static void main( String[] args ) |
{ |
String name = ""; |
name = JoptionPane.showInputDialog("Please enter your name"); |
String msg = "Hello " + name + "!"; |
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg); |
} |
} |
Berikut penjelasannya
- Statement pertama,
import javax.swing.JOptionPane;
Menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package javax.swing.
Bisa juga ditulis seperti,
import javax.swing.*;
- Pernyataan,
name = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your name");
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel name. Sekarang kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe msg,
String msg = "Hello " + name + "!";
Baris selanjutnya adalah menampilkan sebuah dialog yang berisi sebuah pesan dan tombol OK,
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
Struktur Kontrol pada Java
Pada bagian ini, kita akan mempelajari tentang struktur kontrol dimana kita dapat mengubah cara eksekusi pada pernyataan yang dibuat di program kita.
Struktur kontrol adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untuk memilih dan mengeksekusi blok kode spesifik dan mengabaikan blok kode yang lain.
Statement if pada java
Pernyataan if akan menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) yang akan eksekusi jika dan hanya jika persyaratan bernilai benar(true).
Contoh Cource Code Program Dengan Statement If Java:
public class Logika_if { |
public static void main (String args[]){ |
int targetnilai=60; |
boolean lulus=false; |
int nilaianda=70; |
if (nilaianda > targetnilai){ |
lulus = true; |
} |
System.out.println("Status kelulusan :"+lulus); |
} |
} |
Statement if-else
Pernyataan if-else digunakan apabila kita ingin mengeksekusi beberapa pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan kondisi false.
Contoh Cource Code Program Dengan Statement If-Else Java:
public class Statement_If_Else { |
public static void main (String args[]) { |
int targetnilai=60; |
String hadiah=""; |
int nilaianda=50; |
if (nilaianda > targetnilai){ |
hadiah = "ponsel"; |
} else{ |
hadiah = "radio FM"; |
System.out.println("Jenis hadiah :"+hadiah); |
} |
} |
} |
Statement if-else-if
Pernyataan pada bagian kondisi else dari blok if-else dapat menjadi struktur if-else yang lain. Kondisi struktur seperti ini mengijinkan kita untuk membuat seleksi persyaratan yang lebih kompleks.
Bentuk statement if-else if,
if( boolean_expression1 )
statement1;
else if( boolean_expression2 )
statement2;
else statement3
Contoh Cource Code Program Dengan Statement If-Else If Java:
import javax.swing.*; |
public class Statement_If_Else_if { |
public static void main(String args[]) { |
String input=JOptionPane.showInputDialog("Nilai anda ?"); |
int nilai=Integer.parseInt(input); String grade=" "; |
if(nilai>85){ |
grade="A"; |
}else if(nilai>75){ |
grade="B"; |
}else{ |
grade="E"; |
} |
System.out.println("Nilai Anda : "+nilai); |
System.out.println("Grade Anda : "+grade); |
System.exit(0); |
} |
} |
Statement switch
Cara lain untuk membuat cabang adalah dengan menggunakan kata kunci switch. Switch mengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai.
Bentuk statement switch,
switch( switch_expression )
{
case case_selector1: statement1;
break;
case case_selector2: statement2;
break;
default: statement3;
break;
}
Switch_expression adalah ekspresi integer atau karakter dan case_selector1, case_selector2 dan seterusnya adalah konstanta unik dari nilai integer atau karakter.
Contoh Cource Code Program Dengan Statement Switch Case Java:
import javax.swing.*; |
public class AlurSwitch { |
public static void main(String args[]) { |
String pilihan=JOptionPane.showInputDialog("Menu :\n1. Sate Kambing\n2. |
Gule\n3. Sop Kaki Kambing\n4. Tongseng"); |
int menu=Integer.parseInt(pilihan); |
switch(menu) |
{ |
case 1: System.out.println("pilih sate kambing"); |
break; |
case 2: System.out.println("pilih gule"); |
break; |
case 3: System.out.println("pilih sop kaki kambing"); |
break; |
case 4: System.out.println("pilih tongseng"); |
break; |
default: System.out.println("Maaf, menu tidak ada"); |
break; |
} System.exit(0); |
} |
} |
0 Komentar untuk "Imput Dari Keyboard BufferedReader dan JoptionPane pada Java"